Sunday, November 22, 2015

Dearen

Nama               : Dearen
Kelas               : Kelas IV B
Sekolah           : SDN Cilenggang 2
Tugas Individu
          Pendidikan Agama Buddha perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Dalam ungkapan Buddha, “Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya” (Sn. 789). Kebiasaan baik akan membentuk pribadi yang baik pula, maka dari itu kita hendaknya membiasakan kebiasaan baik itu seperti gambar terlampir di bawah.
Berdasarkan tujuh harta mulia yang diberikan sang Buddha kepada Pangeran Rahula, yakni:
1.    Keyakinan (saddha)
2.    Moralitas (sila)
3.    Rasa malu berbuat salah (hiri)
4.    Rasa takut akan akibat berbuat salah (ottappa)
5.    Pengatahuan (suta)
6.    Kedermawanan (caga)
7.    Kebijaksanaan (panna).
          Kita sebagai orang tua yang baik, hendaknya memberikan harta warisan  tersebut. Dengan mendorong dan memberikan motivasi kepada anak untuk belajar dhamma serta menanamkan keyakinan terhadap tiratana (Buddha, Dhamma dan Sangha) sesungguhnya kita telah memberikan ketujuh harta mulia atau warisan yang luhur tersebut. 
Harapan Orang Tua:
·         Harapan kami sebagai orang tua tentunya menginginkan anak kami menjadi orang yang berbakti dan menjadi orang yang berguna bagi orang lain, Negara dan orang tua serta agama.
*Di isi orang tua wali
Cita-cita/harapan kalian:
·         Menjadi orang sukses dan menjadi anak yang rajin serta rajin beribadah, cita-cita menjadi pemain bola.
*Di isi oleh siswa

Mengetahui Orang Tua Wali Lindah

0 komentar:

Post a Comment